Melebihi Suara Mesin Jet Inilah 10 Hewan Dengan Suara Terkencang Di Bumi

Bella Sungkawa

Ada banyak suara yang mengisi ekosistem Bumi ini. Beberapa suara terdengar begitu lemah, seperti kicauan burung atau siulan angin. Namun, ada juga beberapa hewan yang memiliki kemampuan menghasilkan suara yang luar biasa kuat dan mengguncang telinga manusia. Mereka mampu melebihi kebisingan mesin jet yang berada di landasan pacu

1. Paus Biru (Balaenoptera musculus)

Paus biru adalah salah satu hewan dengan suara terkencang di Bumi. Suaranya dapat mencapai hingga 188 desibel (dB), lebih dari dua kali lipat kebisingan mesin jet saat lepas landas. Suara paus biru tidak hanya terdengar sangat keras, tetapi juga memiliki karakteristik rendah dan bergetar yang unik.

Suaranya Sebagai Komunikasi

Selain digunakan untuk berkomunikasi dengan individu lain dalam kelompoknya, suara paus biru juga merupakan alat untuk menakuti pemangsa atau menarik pasangan saat musim kawin.

2. Gajah Afrika (Loxodonta africana)

Gajah Afrika juga termasuk dalam daftar hewan dengan suara terkencang di Bumi. Meskipun ukuran tubuhnya besar dan keberatan beban vokalnya besar, gajah Afrika mampu menghasilkan suara yang dapat mencapai sekitar 117 dB.

Berenang Melalui Suara

Gajah Afrika menggunakan suaranya sebagai alat komunikasi jarak jauh. Mereka dapat berkomunikasi dengan anggota kelompoknya hingga beberapa kilometer jauhnya melalui infrasonik, yang merupakan frekuensi suara yang tidak terdengar oleh telinga manusia.

3. Singa (Panthera leo)

Pada saat-saat tertentu, singa dikenal karena melolongkan suaranya yang kuat dan bergema di savana Afrika. Suara singa dapat mencapai sekitar 114 dB, hampir setara dengan kebisingan di depan panggung konser musik live.

Suara Menghebohkan

Suara harimau menggunakan kombinasi frekuensi rendah dan tinggi untuk menciptakan efek menggema yang menghebohkan. Singa dewasa biasanya melolong sebagai upaya untuk berkomunikasi dengan anggota kelompoknya yang terpisah atau sebagai tanda peringatan kepada hewan lain dalam wilayah mereka.

4. Kera Hutan Berjambul (Siamang) (Symphalangus syndactylus)

Kera siamang adalah salah satu kera terbesar di dunia dan juga termasuk dalam daftar hewan dengan suara terkencang di Bumi. Meskipun ukuran tubuhnya jauh lebih kecil daripada gajah atau paus biru, siamang mampu mengeluarkan seruan keras dengan tingkat desibel sekitar 110.

Suara Teritorial

Salah satu alasan siamang menghasilkan suara yang terkencang adalah untuk menandai batas wilayah mereka dan menyampaikan pesan tentang dominasi mereka kepada kera lainnya. Seruan siamang dapat didengar hingga jarak setengah kilometer.

5. Gagak (Corvus corax)

Siapa yang mengira burung gagak bisa bersaing dengan suara hewan-hewan besar? Meskipun ukurannya kecil, gagak mampu mengeluarkan suara dengan tingkat desibel mencapai 120 dB.

Gagak sebagai Peniru

Burung gagak termasuk dalam kelompok burung pemakan bangkai yang pintar dan memiliki kemampuan meniru berbagai suara. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, kemampuan meniru gagak juga berguna dalam merayu atau menipu mangsa mereka.

6. Anjing Laut Utara (Callorhinus ursinus)

Anjing laut utara merupakan salah satu mamalia laut dengan suara terkencang di Bumi. Suaranya memiliki frekuensi rendah dan dapat mencapai hingga 125 dB.

Suaranya Sangat Beresonansi

Anjing laut utara menggunakan suaranya untuk berkomunikasi dengan anggota kelompoknya saat sedang mencari makan atau bahkan saat melakukan ritual kawin.

7. Burung Kakaktua Goffin (Cacatua goffiniana)

Burung kakaktua goffin adalah burung yang pandai meniru suara-suara lainnya. Meskipun ukurannya kecil, suaranya dapat mencapai hingga 130 dB.

Keahlian Meniru Suara

Burung kakaktua goffin memiliki kemampuan luar biasa dalam meniru berbagai suara, termasuk suara manusia dan-suara lingkungan sekitarnya. Mereka sering dijadikan hewan peliharaan karena kecerdasan dan kemampuan mereka yang mengagumkan ini.

8. Cicak (Gecko)

Jika berbicara tentang hewan dengan suara terkencang, tidak mungkin melupakan cicak. Meskipun ukurannya kecil, suaranya bisa mencapai 140 dB.

Suara Mengerikan

Seruan cicak terkenal sangat keras dan mengganggu. Mereka menggunakan suaranya sebagai alat komunikasi untuk mempertahankan wilayah mereka atau menarik pasangan saat musim kawin.

9. Puyuh Hutan (Vulturine Guineafowl) (Acryllium vulturinum)

Puyuh hutan adalah salah satu jenis unggas dengan suara terkencang di dunia. Suaranya dapat mencapai 142 dB sehingga melebihi bahkan beberapa spesies burung pemangsa tertentu.

Tingkah Laku Teritorial

Puyuh jantan menggunakan suaranya yang keras untuk menegaskan kepemilikan wilayahnya dan memanggil betina. Suara mereka berfungsi sebagai alat komunikasi penting dalam kelompok mereka.

10. Burung Botak (Haliaeetus leucocephalus)

Burung botak adalah salah satu burung pemangsa terbesar di dunia dan juga termasuk dalam daftar hewan dengan suara terkencang di Bumi. Suaranya dapat mencapai 140 dB.

Suara Menakutkan

Suaranya yang kuat diduga digunakan sebagai cara untuk mengintimidasi hewan lain atau sebagai tanda peringatan tentang kehadirannya dalam wilayah teritorialnya.

Meskipun manusia telah menciptakan mesin dan teknologi yang mampu menghasilkan suara keras, tidak ada yang bisa menandingi kekuatan suara beberapa hewan di atas. Mereka menghadirkan fenomena alam yang luar biasa dan patut kita kagumi.