Kesehatan Manusia Secara Global Terancam Oleh 6 Superbug Paling Mematikan

0
52
Wowuniknya.net – Ketika anda sakit pasti dokter akan meresepkan antibiotik di dalam daftar obat yang harus kamu minum. Antibiotika sendiri adalah segolongan molekul, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia pada organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.
Namun penyalahgunaan antibiotik dari pemakaian berlebihan sampai penyebaran bebas dapat menimbulkan “superbugs” mematikan dan resisten terhadap obat, seperti dilansir dw.

Tanpa antibiotik efektif, kesehatan manusia secara global akan terancam. Berikut daftar superbug paling mematikan yang dikhawatirkan resisten terhadap obat-obatan.

1. Candida auris
1. Candida auris
Candida auris
Muncul di berita utama di Amerika Serikat, Candida auris adalah jamur yang resisten terhadap multi-obat anti jamur yang biasa digunakan guna mengobati infeksi Candida. Sejauh ini tersebar di lima benua dan sulit dibasmi, bahkan beberapa rumah sakit telah ditutup hanya untuk menyingkirkan jamur ini. Orang sehat biasanya tidak rentan, namun risikonya besar bagi yang sakit atau perlu operasi.
2. Pseudomonas aeruginosa
2. Pseudomonas aeruginosa
Pseudomonas aeruginosa
“Nightmare bug” dengan tingkat resistan tinggi ini telah diklasifikasi WHO sebagai ancaman kesehatan manusia. Berkembang biak di tempat yang basah atau lembap menjadikannya termasuk bakteri yang paling sulit dibasmi. Biasanya menyerang manusia dengan sistem imun yang lemah, tapi yang sehat pun tetap bisa terkena infeksi telinga dan kulit jika ada kontak langsung, misalnya air yang terkontaminasi.
3. Neisseria gonorrhoeae
3. Neisseria gonorrhea
Neisseria gonorrhoeae
Tidak ada vaksinasi untuk gonorrhea, antibiotika hanyalah satu-satunya pilihan untuk mengatasi infeksi. Tapi, penyakit menular seksual ini akan semakin resisten terhadap obat-obatan yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit tersebut — azithromycin, cefixime and ceftriaxone. Kasus penyakit super gonorrhea muncul di Australia and UK pada tahun 2018-2019.
4. Salmonellae
4. Salmonellae
Salmonellae
Bakteri ini biasa dikenal karena menyebabkan infeksi non-tipus dari makanan, tapi juga bisa menimbulkan demam tipus pada manusia. Beberapa dekade yang lalu di wilayah Afrika dan Asia, jenis Salmonella baru yang mematikan dan resistan terhadap antibiotik baru ditemukan di air dan makanan yang terkontaminasi.
5. Acinetobacter baumannii
5. Acinetobacter baumannii
Acinetobacter baumannii
Diklasifikasi sebagai patogen berisiko tinggi oleh WHO, bakteri ini banyak ditemukan di tanah dan air, dan bisa mengambil gen dari bakteri resistan yang lain. Ia bisa hidup di dalam tubuh manusia sehat tanpa gejala, namun dapat menyebabkan infeksi luka, paru-paru, dan darah di tubuh manusia yang sakit. Biasanya, penderita harus dirawat di ICU.
6. Drug resistant tuberculosis
Myobacterium tuberculosis
Drug resistant tuberculosis
Myobacterium tuberculosis adalah salah satu penyebab infeksi terbanyak di dunia yang menyebabkan 1,7 juta kematian setiap tahunnya. Sekitar 13 persen dari jenis tuberculosis baru bersifat resistan terhadap multi-obat — setidaknya tidak responsif di dua pengobatan yang paling ampuh — dan 6 persen lebih resisten terhadap banyak obat.
(Ref: wowuniknya.net, dw, wikipedia, berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here