Kamu Perlu Tahu Ini 5 Perbedaan Makeup Western Vs Korea

Bella Sungkawa

Kamu Perlu Tahu Ini 5 Perbedaan Makeup Western Vs Korea

Saat ini, industri kecantikan telah menjadi fenomena yang tak terelakkan di masyarakat modern. Tak heran jika berbagai tren dan gaya makeup terus bermunculan, mengikuti perkembangan zaman. Di antara beragam tren tersebut, makeup Western dan Korea terkenal karena perbedaan pendekatan dan karakteristik mereka yang unik. Bagi para penggemar makeup, mengetahui dan memahami perbedaan tersebut dapat membantu memilih gaya makeup yang tepat sesuai dengan preferensi pribadi. Dalam artikel ini, kami akan membahas 5 perbedaan utama antara makeup Western dan Korea yang perlu kamu ketahui. Mari simak!

1. Fokus pada Tampilan dan Citra Diri

Satu perbedaan mendasar antara makeup Western dan Korea adalah fokusnya terhadap tampilan dan citra diri. Makeup Western umumnya lebih menekankan pada dramatic look, yang memberikan kesan mewah dan elegan. Terdapat pilihan warna yang lebih bold, seperti lipstik merah yang menawan atau smokey eyes yang dramatis. Tujuan dari makeup Western adalah untuk menonjolkan fitur-fitur wajah dengan tegas.

Sebaliknya, makeup Korea cenderung lebih natural dan melihat ke arah “effortless beauty”. Gaya makeup Korea menggunakan teknik yang lebih ringan dan secara lebih subtil meningkatkan keindahan alami wajah. Mereka cenderung memilih warna-warna yang lembut dan palet warna natural. Makeup Korea berfokus pada menciptakan tampilan yang seolah tidak memakai makeup sama sekali, dengan kulit yang terlihat sehat dan bercahaya.

2. Aksen Warna pada Mata dan Bibir

Salah satu perbedaan utama yang dapat langsung dikenali dalam makeup Western dan Korea adalah cara mengaplikasikan aksen warna pada mata dan bibir. Makeup Western cenderung menggunakan warna yang lebih bold dan terang untuk menyorot fitur ini. Pemilihan eyeshadow dengan warna-warna berani dan lipstick yang mencolok adalah ciri khas dalam makeup Western.

Di sisi lain, makeup Korea lebih memilih warna-warna netral dan soft untuk menciptakan kesan yang lembut dan segar pada mata dan bibir. Mata akan didandani dengan eyeliner tipis dan warna-warna natural yang memberikan tampilan yang polos dan manis. Sedangkan bibir diberi sentuhan lipstik dengan warna-warna soft pink atau coral, untuk menghasilkan tampilan yang segar dan ceria.

3. Perawatan Kulit Sebagai Prioritas Utama

Dalam dunia makeup Korea, perawatan kulit adalah prioritas utama sebelum mengaplikasikan makeup. Mereka percaya bahwa kulit yang sehat dan terawat akan memberikan landasan yang baik untuk menghasilkan tampilan makeup yang sempurna. Oleh karena itu, skincare rutin adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari para wanita Korea.

Sementara itu, dalam dunia makeup Western, fokus pada perawatan kulit sebelum makeup tidaklah sama diutamakan. Penerapan makeup Western cenderung mencoba menutupi kekurangan dan memberikan ilusi kulit sempurna melalui foundation dan concealer. Hal ini tidak berarti bahwa makeup Western tidak memperhatikan perawatan kulit, namun prioritasnya mungkin lebih ditekankan pada hasil akhir makeup yang mengesankan.

4. Tren dan Inovasi

Industri makeup Korea terkenal dengan tren dan inovasinya yang selalu terbarukan. Setiap tahun, ada tren baru dalam dunia makeup Korea, mulai dari teknik pengaplikasian yang unik hingga produk terbaru dengan formula canggih. Orang Korea sangat bersemangat dalam mengeksplorasi tren kecantikan dan selalu up-to-date dengan produk-produk terbaru.

Di sisi lain, industri makeup Western cenderung memiliki tren yang lebih stabil dan bersifat lebih klasik. Walaupun ada beberapa inovasi dan tren baru di dunia makeup Western, perubahan yang terjadi tidak setiap tahun seperti halnya di Korea. Tren Western cenderung lebih bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama dan memiliki ciri khas yang lebih penghasilan.

5. Pengaruh Budaya dan Media

Pengaruh budaya dan media juga memainkan peran penting dalam perbedaan antara makeup Western dan Korea. Industri hiburan Korea Selatan telah memberikan dampak besar dalam membentuk tren dan standar kecantikan Korea. Kultur populer Korea yang dikenal sebagai K-Pop telah menjadikan makeup Korea sebagai salah satu tren terpopuler di dunia saat ini.

Sementara itu, di negara-negara Barat, media dan selebriti berperan besar dalam menentukan tren dan standar kecantikan. Penampilan selebriti Hollywood menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia, termasuk dalam hal makeup. Hal ini mempengaruhi preferensi dan gaya makeup yang lebih dramatis dan glamor di dunia Barat.

Dalam kesimpulan, makeup Western dan Korea memiliki perbedaan gaya dan pendekatan yang jelas. Makeup Western cenderung menekankan drama dan hasil dramatis, sementara makeup Korea lebih fokus pada kesan yang alami dan tampilan segar. Keputusan memilih salah satu gaya dibuat berdasarkan preferensi pribadi setiap individu. Apapun gaya yang kamu pilih, yang terpenting adalah merasa percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri. Jadi, apa gaya makeup yang kamu pilih?

Sumber:

Perbedaan Makeup Western Vs Korea Kamu Prefer Yang Mana Nih, diakses pada 17 Oktober 2022, dari https://wowuniknya.net/wp-content/uploads/2024/01/makeup-korean-makeup-vs-western-makeup-dahyeshka-youtube.jpg

Leave a Comment