Ini 6 Insiden Mati Listrik (Lampu) Terparah di Dunia, Indonesia Termasuk

0
29
Wowuniknya.net – Kita semua pasti tidak suka dengan kejadian mati listrik (biasa juga dikenal dengan mati lampu, listrik padam, atau pemadaman listrik).
Penyebab teknis dapat berupa kerusakan di Gardu listrik, kerusakan jaringan kabel atau bagian lain dari sistem distribusi, sebuah sirkuit pendek (korsleting), atau kelebihan muatan.

Pada minggu 4 Agustus 2019 sebagian wilayah pulau jawa padam yang mengakibatkan seluruh aktifitas pada hari itu terganggu, namun bukan hanya di pulau jawa Indonesia saja yang pernah mengalami kejadian mati lampu terparah melainkan ada beberapa negara di dunia yang pernah mengalami mati lampu terparah, negara mana sajakah berikut ulasannya yang dikutip dari laman dw.

1. Italia (2003)
Insiden Mati Listrik (Lampu) Terparah di Dunia
Mati Listrik (lampu), Italia 2003
Pada tangal 28 September 2003, aliran listrik hampir di seluruh Italia padam selama lebih kurang 12 jam lamanya dari pukul 03:20 waktu setempat. Padamnya listrik disebabkan karena terganggunya jaringan pembangkit listrik Italia akibat terjangan badai. Dilaporkan di Roma ratusan orang terjebak di dalam kereta bawah tanah dan menyebabkan seluruh jadwal penerbangan di Italia ditunda.
2. Brazil dan Paraguay (2009)
Insiden Mati Listrik (Lampu) Terparah di Dunia
Mati Listrik (lampu), Brazil dan Paraguay 2009
Gangguan yang dialami PLTA Itaipu menyebabkan pasokan listrik sebesar 17.000 megawatt harus terhenti. Rio, Copacabana, Sao Paulo, serta Brazilia menjadi wilayah paling terdampak akibat insiden ini. Padamnya listrik selama dua hari pada 10-11 November 2009 ini juga dialami negara tetangga Paraguay. Diduga kuat padamnya listrik di kedua negara ini disebabkan oleh ulah seorang hacker.
3. India (2012)
Insiden Mati Listrik (Lampu) Terparah di Dunia
Mati Listrik (lampu), India 2012
Insiden listrik padam di India pada 30-31 Juli 2012 silam menjadi insiden paling kelam di dunia. Sekitar 670 juta jiwa penduduk alias 9 persen populasi dunia harus merasakan dampak insiden ini. Tidak hanya jaringan transportasi di India yang lumpuh, namun pasokan air bersih juga terputus. Di New Delhi dan Kolkata, kemacetan parah juga terjadi akibat tidak berfungsinya lampu lalu lintas.
4. New York, AS (2019)
Insiden Mati Listrik (Lampu) Terparah di Dunia
Mati Listrik (lampu), New York, Amerika Serikat 2019
Pada 13 Juli 2019, insiden mati listrik terjadi di New York, Amerika Serikat. Kota ‘Big Apple’ ini dikejutkan dengan padamnya listrik pada pukul 18:47 waktu setempat. Layar ikonik Times Square mendadak berwarna hitam, seluruh aktivitas kereta bawah tanah lumpuh. Sebagian pertunjukkan teater di Broadway batal digelar. Kota ini disibukkan dengan lalu lalang petugas damkar yang melakukan evakuasi.
5. Venezuela (2019)
Insiden Mati Listrik (Lampu) Terparah di Dunia
Mati Listrik (lampu), Venezuela 2019
Negara yang tengah dilanda krisis ini diketahui beberapa kali mengalami pemadaman listrik massal sepanjang tahun 2019. Terakhir 22 Juli 2019, pemadaman listrik terjadi di 16 negara bagian Venezuela, termasuk ibu kota Caracas. Akibatnya seluruh kota gelap gulita, layanan kereta metro lumpuh. Seluruh jaringan telepon serta internet mati. Akibatnya, kerusuhan pun terjadi di kota ini.
6. Indonesia (2019)
Insiden Mati Listrik (Lampu) Terparah di Dunia
Mati Listrik (lampu), Indonesia 2019
Minggu (04/08) siang warga di Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat dikejutkan dengan padamnya aliran listrik secara tiba-tiba. Insiden ini berlangsung hingga malam hari, bahkan beberapa wilayah di Jawa Barat diketahui masih mengalami pemadaman hingga Senin malam (05/08). Kejadian serupa pernah terjadi pada Agustus 2005, di mana seluruh listrik di Pulau Jawa dan Bali padam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here