Menanti Ibu Kota Baru Indonesia, 7 Negara Dengan Ibu Kota Baru Yang Dibangun Dari Awal

0
57
Wowuniknya.net – Indonesia segera mempunyai ibu kota baru, wacana pemindahan ibu kota bukan lagi isapan jempol beberapa diantara calon ibu kota berada di pulau kalimantan, dua opsi terkuat sebagai calon lokasi ibu kota yaitu Kalteng dan Kaltim.
Di masa yang mendatang kelak DKI Jakarta tidak akan menjadi ibu kota Indonesia, namun tahukan kalian beberapa negara di dunia ini berhasil dalam pemindahan ibu kota yang bahkan dibangun dari awal.
Dilansir DW, Pemindahan ibu kota ini juga telah dialami berbagai kota di dunia. Kota mana sajakah yang dibangun dan ditunjuk menjadi ibu kota baru, berikut daftar ibu kota negara yang dibangun dari awal.
1. Abuja, Nigeria
Ibu Kota Baru yang Dibangun dari Awal
Abuja, Nigeria
Dibangun dan dikembangkan pada tahun 80an, Abuja menggantikan Lagos sebagai ibu kota Nigeria pada tahun 1991. Letaknya yang lebih sentral dan akses yang mudah merupakan alasan utama pemindahan ibu kota tersebut. Sejak pengembanganya Abuja menjadi salah satu kota di dunia yang mengalami pertumbuhan paling pesat.
2. Nursultan (Astana), Kazakhstan
Ibu Kota Baru yang Dibangun dari Awal
Nursultan (Astana), Kazakhstan
Nursultan yang sampai awal tahun 2019 masih dikenal dengan nama Astana adalah ibu kota negara Kazakhstan. Nursultan diambil dari nama mantan presiden pertama negara tersebut, Nursultan Nazarbayev. Ibu kota ini dirancang oleh seorang arsitek asal Jepang, Kisho Kurokawa dan terkenal dengan desainnya yang futuristik.
3. Brasilia, Brazil
Ibu Kota Baru yang Dibangun dari Awal
Brasilia, Brazil
Kota ini resmi menjadi ibu kota Brazil pada tanggal 21 April 1960. Brasilia memang sengaja dibangun dan dikembangkan untuk menggantikan Rio de Janeiro yang padat dan sangat macet. Selain itu, bangunan-bangunan di sana terletak berjauhan sehingga menghambat kerja pemerintahan. Kota ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1987.
4. Canberra, Australia
Ibu Kota Baru yang Dibangun dari Awal
Canberra, Australia
Canberra tidak terpilih sebagai hasil kompromi antara Sydney dan Melbourne. Kedua kota tersebut ternyata tidak pernah dipertimbangkan sebagai ibu kota Australia. Seperti ibu kota baru lainnya, Canberra juga merupakan kota yang sengaja dibangun. Pembangunan kota tersebut dimulai pada tahun 1913.
5. Islamabad, Pakistan
Ibu Kota Baru yang Dibangun dari Awal
Islamabad, Pakistan
Setelah lahirnya Pakistan pada tahun 1947, mereka merasa bahwa ada kebutuhan untuk memilih ibu kota baru yang menonjolkan keberagaman bangsa tersebut. Akhirnya kota ini dibangun pada tahun 60an untuk menggantikan Karachi. Islamabad juga merupakan kota yang bersih, luas dan memiliki banyak lahan hijau dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Pakistan.
6. Naypyidaw, Myanmar
Ibu Kota Baru yang Dibangun dari Awal
Naypyidaw, Myanmar
Naypyidaw dibangun 320 kilometer dari mantan ibu kota Myanmar, Yangon dan ditunjuk sebagai ibu kota pada tahun 2005. Meski memiliki luas empat kali lebih besar daripada London, kota ini tidak memiliki jumlah penduduk yang tinggi.
7. Mesir
Ibu Kota Baru yang Dibangun dari Awal
Kairo, Mesir
Ibu kota Mesir yang baru ditargetkan untuk beroperasi pada pertengahan tahun 2020. Namun kabarnya proyek pembangunan ibu kota baru yang bernilai 58 miliar dolar mengalami kesulitan untuk mengumpulkan seluruh dana tersebut. Kabarnya luas kota baru mencapai 700 km┬▓ dan terletak 45km dari Cairo.
Itulah beberapa ibu kota yang berhasil dibangun dari awal, rencananya juga Mesir akan memindahkan ibukotanya.
(Ref: wowuniknya.net, dw, berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here