18 Hal Unik Tentang Internet Di Era Tahun 90an Hingga 2000an

Bella Sungkawa

18 Hal Unik Tentang Internet Di Era Tahun 90an Hingga 2000an

1. Era Kegemilangan Internet

Siapa yang tidak mengenal Internet? Media yang tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini. Namun, tahukah Anda bahwa Internet yang kita kenal saat ini sangat berbeda dengan Internet di era tahun 90an hingga 2000an? Inilah 18 hal unik yang perlu Anda ketahui tentang Internet di masa lalu.

2. Semarak Pita Modem

Semarak Pita Modem

Pada era tahun 90an dan 2000an, koneksi internet masih menggunakan teknologi dial-up. Kita harus menggunakan pita modem yang terhubung ke komputer atau laptop. Proses menghubungkannya bukanlah hal yang mudah, terutama jika ada gangguan pada koneksi telepon.

3. Terbatasnya Kecepatan Internet

Kecepatan internet di era tahun 90an hingga 2000an sangatlah lambat jika dibandingkan dengan sekarang. Biasanya, kecepatan internet hanya sekitar 56 Kbps, dan seringkali terjadi gangguan yang membuatmu harus bersabar menunggu.

4. ICQ: Raja Chatting

Sebelum hadirnya aplikasi chatting yang kita kenal saat ini, seperti WhatsApp dan Line, ada sebuah aplikasi bernama ICQ yang menjadi primadona di era tersebut. ICQ memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi melalui internet, menjadikannya sebagai pendahulu dari layanan chatting masa kini.

5. Friendster, Media Sosial Pertama

Sebelum Facebook dan Instagram menguasai dunia media sosial, ada Friendster. Friendster adalah media sosial pertama yang dikenal oleh banyak orang. Pengguna dapat mencari teman, mengirim pesan, serta memamerkan profile mereka. Namun, Friendster tidak bertahan lama dan perlahan digantikan oleh platform lain.

6. Situs GeoCities dan Angelfire

Jika Anda ingin membuat website pribadi di era tersebut, Anda dapat membuatnya melalui platform seperti GeoCities dan Angelfire. Anda bisa mendesain tampilan website dengan background berkilau dan blink-blink yang menjadi ciri khas di era itu. Namun, situs-situs ini juga melahirkan banyak website yang kurang terstruktur dan sulit diakses.

7. Napster: Era Musik Digital

Sebelum hadirnya layanan streaming musik seperti Spotify dan Apple Music, ada Napster. Napster adalah salah satu layanan berbagi file musik pertama yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh lagu-lagu secara gratis. Namun, Napster menjadi kontroversial karena melanggar hak cipta dan akhirnya ditutup.

8. Web Ring: Komunitas Website

Pada masa lalu, internet juga memiliki fitur yang disebut dengan Web Ring. Web Ring memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan komunitas website yang memiliki topik atau minat yang sama. Hal ini menjadi tempat yang tepat bagi pengguna untuk saling berbagi informasi dan mendapatkan kunjungan untuk website mereka.

9. Efek Y2K

Saat mendekati akhir tahun 1999, muncul kekhawatiran akan efek Y2K (Year 2000), di mana sistem komputer yang tidak diperbarui akan mengalami kerusakan saat berganti tanggal ke tahun 2000. Kekhawatiran ini menyebabkan banyak perusahaan dan individu melakukan persiapan yang intensif untuk menghadapinya.

10. Sabar Menunggu Download

Sebelum adanya streaming, mengunduh file di internet membutuhkan kesabaran yang ekstra. Proses download yang lama dan seringnya terputus membuatmu harus melakukan resume dan melanjutkan proses unduhan yang terhenti. Jika ukuran file besar, kita harus menunggu berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

11. Keamanan yang Rentan

Pada era tersebut, keamanan internet belum terlampau menjadi perhatian utama. Virus dan malware mudah menyebar, dan sering kali menginfeksi komputer atau laptop. Pengguna harus selalu waspada dan menginstal program antivirus yang bisa melindungi sistem mereka.

12. Kesederhanaan Mesin Pencari

Sebelum Google menjadi mesin pencari dominan, ada beberapa mesin pencari lain yang cukup populer di era itu, seperti Yahoo! dan AltaVista. Mesin pencari tersebut masih belum sekompleks dan sekomprehensif seperti yang kita kenal saat ini.

13. Berburu CD dan DVD

Untuk mendapatkan musik atau film, Anda harus pergi ke toko dan membeli CD atau DVD fisik. Tidak ada opsi streaming atau unduhan digital seperti sekarang. Membeli CD dan DVD menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh pecinta musik dan film di masa itu.

14. Iklan Banner yang Mengganggu

Saat menjelajahi website di era tersebut, hampir setiap website dipenuhi dengan iklan banner yang mengganggu pandangan. Iklan-iklan tersebut seringkali berkedip dan membutuhkan waktu yang lama untuk dimuat. Bahkan, pernah ada penyakit mata yang dikenal sebagai “banner blindness” karena kebiasaan mengabaikan iklan.

15. Flash dan Animasi Berlebihan

Situs web di masa itu sering kali menggunakan teknologi Flash dan animasi berlebihan. Hal ini membuat tampilan website menjadi berwarna-warni dan hidup, namun seringkali mengganggu kinerja dan kecepatan muatan halaman.

16. Kejayaan Game Flash

Salah satu hal yang paling populer di masa itu adalah game Flash. Game dengan grafis sederhana namun adiktif ini dapat dimainkan langsung di browser, tanpa perlu mengunduh atau menginstal apapun. Game Flash seperti “The Impossible Quiz” dan “Line Rider” menjadi favorit banyak orang.

17. Surel dan Buku Tamu

Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang, Anda akan menggunakan fitur surel di era tersebut. Meski ada surel, masih banyak website yang memiliki buku tamu sebagai bentuk interaksi antara pengunjung dan pemilik website. Buku tamu ini memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan pesan dan meninggalkan jejak di website yang dikunjungi.

18. Perkembangan Handphone

Di era tahun 90an hingga 2000an, handphone masih dalam tahap perkembangan yang pesat. Perangkat dengan fitur internet yang tersedia pun masih sangat terbatas, dengan kecepatan yang lebih lambat daripada koneksi internet di komputer atau laptop.

Itulah beberapa hal unik tentang Internet di era tahun 90an hingga 2000an. Walaupun Internet telah mengalami transformasi yang luar biasa sejak saat itu, kita tidak boleh melupakan masa lalu yang telah membentuk apa yang kita nikmati dan gunakan saat ini.

Sumber gambar: https://wowuniknya.net/wp-content/uploads/2023/09/10374361_202208100332590343.jpg

Leave a Comment